Riwayat Syeh Ahmad Jauhari Umar (Penyebar Kitab Manakib Jawahirul Ma’ani)

Kitab Manaqib JAWAHIRUL MA’ANI adalah manaqib (riwayat hidup yang menceritakan tentang Sulthonul Auliya’ Syech Abdul Qodir Al Jilani (ada yang menyebut Al Jaelani). Mulai dari Kelahirannya, perjalanan beliau menuntut ilmu, karomah-karomahnya sampai pada wafatnya.

Kitab Manaqib ini di susun oleh seorang ulama Almarhum Almagfurillah KH. Ahmad Jauhari Umar. Dulu beliau pemimpin Pondok Pesantren Darus Salam, Pasuruan Jawa Timur.
KH. Ahmad jauhari umar mengajarkan dan ‘mengijazahkan’ manaqib ini kepada para murid-murid beliau. Dari murid-murid beliau inilah manaqib ini akhirnya tersebar luas ke seluruh nusantara bahkan mungkin sampai ke negara tetangga juga.

Di dalam kitab manaqib (pada halaman belakang) tersebut juga di jelaskan manfaat dari manaqib tersebut dan cara pengamalannya. Misalnya : Supaya bisa mendapatkan ilmu Laduni , luas rezki maka setiap hari membaca wirid Ya Badii’ 946x di lanjutkan membaca manaqib Jawahirul Ma’ani tersebut.

Syaikh Ahmad Jauhari Umar dilahirkan pada hari Jum’at legi tanggal 17 Agustus 1945 jam 02.00 malam, yang keesokan harinya bertepatan dengan hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang diproklamirkan oleh Presiden Soekarno dan Dr. Muhammad Hatta. Tempat kelahiran beliau adalah di Dukuh Nepen Desa Krecek kecamatan Pare Kediri Jawa Timur. Sebelum berangkat ibadah haji, nama beliau adalah Muhammad Bahri, putra bungsu dari bapak Muhammad Ishaq. Meskipun dilahirkan dalam keadaan miskin harta benda, namun mulia dalam hal keturunan. Dari sang ayah, beliau mengaku masih keturunan Sultan Hasanudin bin Sunan Gunung Jati, dan dari sang ibu beliau mengaku masih keturunan KH Hasan Besari Tegal Sari Ponorogo Jawa Timur yang juga masih keturunan Sunan Kalijogo.

Pada masa kecil Syaikh Ahmad Jauhari Umar dididik oleh ayahanda sendiri dengan disiplin pendidikan yang ketat dan sangat keras. Diantaranya adalah menghafal kitab taqrib dan maknanya dan mempelajari tafsir Al-Qur’an baik ma’na maupun nasakh mansukhnya.

Masih diantara kedisiplinan ayah beliau dalam mendidik adalah : Syaikh Ahmad Jauhari Umar tidak diperkenankan berteman dengan anak-anak tetangga dengan tujuan supaya Syaikh Ahmad Jauhari Umar tidak mengikuit kebiasaan yang tidak baik yang dilakukan oleh anak-anak tetangga. Syaikh Ahmad Jauhari Umar dilarang merokok dan menonton hiburan seperti orkes, Wayang, ludruk dll, dan tidak pula boleh meminum kopi dan makan diwarung. Pada usia 11 tahun Syaikh Ahmad Jauhari Umar sudah mengkhatamkan Al-Qur’an semua itu berkat kegigihan dan disiplin ayah beliau dalam mendidik dan membimbing.

Orang tua Syaikh Ahmad Jauhari Umar memang terkenal cinta kepada para alim ulama terutama mereka yang memiliki barakah dan karamah. Ayah beliau berpesan kepada Syaikh Ahmad Jauhari Umar agar selalu menghormati para ulama. Jika sowan (berkunjung) kepada para ulama supaya selalu memberi uang atau jajan (oleh-oleh). Pesan ayahanda tersebut dilaksanakan oleh beliau, dan semua ulama yang pernah diambil manfaat ilmunya mulai dari Kyai Syufa’at Blok Agung Banyuwangi hingga KH. Dimyathi Pandegelang Banten, semuanya pernah diberi uang atau jajan oleh Syaikh Ahmad Jauhari Umar.

Sebenarnya, Syaikh Ahmad Jauhari Umar pernah menganut faham wahabibahkan sampai menduduki posisi wakil ketua Majlis Tarjih Wahabi Kaliwungu. Adapun beberapa hal yang menyebabkan Syaikh Ahmad Jauhari Umar pindah dari faham wahabi dan menganut faham ahlussunahdiantaranya adalah sebagai berikut :

1. Beliau pernah bermimpi bertemu dengan kakek beliau yaitu KH. AbduLlah Sakin yang wafat pada tahun 1918 M, beliau berwasiyat kepada Syaikh Ahmad Jauhari Umar bahwa yang benar adalah faham ahlussunah.

2. Syaikh Ahmad Jauhari Umar pernah bertemu dengan KH Yasin bin ma’ruf kedunglo kediri, pertemuan itu terjadi di warung / rumah makan Pondol Pesantren Lirboyo Kediri yang berkata kepada Syaikh Ahmad Jauhari Umar bahwa Syaikh Ahmad Jauhari Umar kelak akan menjadi seorang ulama yang banyak tamunya. Dan ucapan KH Yasin tersebut terbukti, beliau setiap hari menerima banyak tamu.

3. Syaikh Ahmad Jauhari Umar pernah berjumpa dengan Sayyid Ma’sum badung Madura yang memberi wasiyat bahwa kelak Syaikh Ahmad Jauhari Umar banyak santrinya yang berasal dari jauh. Dan hal itu juga terbukti.

4. Syaikh Ahmad Jauhari Umar bertemu dengan KH Hamid AbdiLlah Pasuruan, beliau berkata bahwa kelak Syaikh Ahmad Jauhari Umar akan dapat melaksanakan ibadah haji dan menjadi ulama yang kaya. Dan terbukti beliau sampai ibadah haji sebanyak lima kali dan begitu juga para putera beliau.

Hal tersebutlah yang menyebabkan Syaikh Ahmad Jauhari Umar menganut faham ahlussunah karena beliau merasa heran dan ta’jub kepada para ulamaahlussunah seperti tersebut di atas yang dapat mengetahui hal-hal rahasiaghaib dan ulama yang demikian ini tidak dijumpainya pada ulama-ulama golongan wahabi.

Dalam menghadapi setiap cobaan yang menimpa, Syaikh Ahmad Jauhari Umar memilih satu jalan yaitu mendatangi ulama. Adapun beberapa ulama yang dimintai do’a dan barokah oleh beliau diantaranya adalah :

1. KH. Syufa’at Blok Agung Banyuwangi.

2. KH. Hayatul Maki Bendo Pare Kediri.

3. KH. Marzuki Lirboyo Kediri.

4. KH. Dalhar Watu Congol Magelang.

5. KH. Khudlori Tegal Rejo Magelang.

6. KH. Dimyathi Pandegrlang Banten.

7. KH. Ru’yat Kaliwungu.

8. KH. Ma’sum Lasem.

9. KH. Baidhawi Lasem.

10. KH. Masduqi Lasem.

11. KH. Imam Sarang.

12. KH. Kholil Sidogiri.

13. KH Abdul Hamid AbdiLlah Pasuruan.

Selesai beliau mendatangi para ulama, maka ilmu yang didapat dari mereka beliau kumpulkan dalam sebuah kitab “Jawahirul Hikmah”.

Kemudian beliau mengembara ke makam – makam para wali mulai dari Banyuwangi sampai Banten hingga Madura. Sewaktu beliau berziarah ke makam Syaikh Kholil Bangkalan Madura, Syaikh Ahmad Jauhari Umar bertemu dengan Sayyid Syarifuddin yang mengaku masih keturunan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani RA. Kemudian Sayyid Syarifuddin memberikan ijazah kepada Syaikh Ahmad Jauhari Umar berupa amalan ‘MANAKIB JAWAHIRUL MA’ANY’ dimana amalan manakib Jawahirul Ma’any tersebut saat ini tersebar luas di seluruh Indonesia karena banyak Fadhilahnya, bahkan sampai ke negara asing seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Pakistan, tanzania, Afrika, Nederland, dll.

Syaikh Ahmad Jauhari Umar pernah mengalami masa-masa yang sulit dalam segala hal. Bahkan ketika putera beliau masih berada di dalam kandungan, beliau diusir oleh keluarga isteri beliau sehingga harus pindah ke desa lain yang tidak jauh dari desa mertua beliau kira-kira satu kilometer. Ketika putera beliau berumur satu bulan, beliau kehabisan bekal untuk kebutuhan sehari-hari kemudian Syaikh Ahmad Jauhari Umar memerintahkan kepada isteri beliau untuk pulang meminta makanan kepada orang tuanya. Dan Syaikh Ahmad Jauhari Umar berkata, “Saya akan memohon kepada Allah SWT”. Akhirnta isteri beliau dan puteranya pulang ke rumah orang tuanya.

Kemudian Syaikh Ahmad Jauhari Umar mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat duha dan dilanjutkan membaca manakib Jawahirul Ma’any. Ketika tengah membaca Manakib, beliau mendengar ada orang di luar rumah memberikan ucapan salam kepada beliau, dan beliau jawab di dalam hati kemudian beliau tetap melanjutkan membaca Manakib Jawahirul Ma’any hingga khatam. Setelah selesai membaca Manakib, maka keluarlah beliau seraya membukakan pintu bagi tamu yang memberikan salam tadi.

Setelah pintu terbuka, tenyata ada enam orang yang bertamu ke rumah beliau. Dua orang tamu memberi beliau uang Rp 10.000, dan berpesan supaya selalu mengamalkan Manakib tersebut. Dan sekarang kitab manakib tersebut sudah beliau ijazahkan kepada kaum Muslimin dan Muslimat agar kita semua dapat memperoleh berkahnya. Kemudian dua tamu lagi memberi dua buah nangka kepada beliau, dan dua tamu lainnya memberi roti dan gula.

Kemudian Syaikh Ahmad Jauhari Umar selalu melaksanakan pesan tamu-tamu tersebut yang menjadi amalan beliau sehari-hari. Tidak lama setelah itu, setiap harinya Syaikh Ahmad Jauhari Umar diberi rizki oleh Allah senanyak Rp. 1.500 hingga beliau berangkat haji untuk pertamakali pada tahun 1982.

Kemudian pada tahun 1983 Syaikh Ahmad Jauhari Umar menikah dengan Sa’idah putri KH As’ad Pasuruan. Setelah pernikahan ini beliau setiap hari diberi rizki oleh Allah sebanyak Rp 3.000 mulai tahun 1983 hingga beliau menikah dengan puteri KH. Yasin Blitar.

Setelah pernikahan ini Syaikh Ahmad Jauhari Umar setiap hari diberi rizki oleh Allah SWT sebanyak Rp.11.000 sampai beliau dapat membanun masjid. Selesai membangun masjid, Syaikh Ahmad Jauhari Umar setiap hari diberi rizki oleh Allah sebanyak Rp. 25.000 hingga beliau membangun rumah dan Pondok Pesantren.

Setelah membangun rumah dan Pondok Pesantren, Syaikh Ahmad Jauhari Umar tiap hari diberi rizki oleh Allah SWT sebanyak Rp.35.000 hingga beliau ibadah haji yang kedua kalinya bersama putera beliau Abdul Halim dan isteri beliau Musalihatun pada tahun 1993.

Setelah beliau melaksanakan ibadah haji yang kedua kalinya pada tahun 1993, Syaikh Ahmad Jauhari Umar setiap hari diberi rizki oleh Allah sebanyak Rp 50.000 hingga tahun 1995 M. Setelah Syaikh Ahmad Jauhari Umar melaksanakan ibadah haji yang ketiga kalinya bersama putera beliau Abdul Hamid dan Ali Khazim, Syaikh Ahmad Jauhari Umar setiap hari diberi rizki oleh Allah sebanyak Rp. 75.000 hingga tahun 1997.

Setelah Syaikh Ahmad Jauhari Umar menunaikan ibadah haji yang keempat kalinya pada tahun 1997 bersama putera beliau HM Sholahuddin, Syaikh Ahmad Jauhari Umar diberi rizki oleh Allah setiap hari Rp. 200.000 hingga tahun 2002.

Kemudian Syaikh Ahmad Jauhari Umar berangkat haji yang ke limakalinya bersama dua isteri dan satu menantu beliau, Syaikh Ahmad Jauhari Umar setiap hari diberi rizki oleh Allah SWT sebanyak Rp. 300.000 sampai tahun 2003 M.

Di Pasuruan, Syaikh Ahmad Jauhari Umar mendirikan Pondok Pesantren tepatnya di Desa Tanggulangin Kec. Kejayan Kab. Pasuruan yang diberi nama Pondok Pesantren Darussalam Tegalrejo.

Di desa tersebut Syaikh Ahmad Jauhari Umar diberi tanah oleh H Muhammad seluas 2.400 m2 kemudian H Muhammad dan putera beliau diberi tanah oleh Syaikh Ahmad Jauhari Umar seluas 4000m2 sebagai ganti tanah yang diberikan dahulu.

Sejak saat itu Syaikh Ahmad Jauhari Umar mulai membangun masjid dan madrasah bersama masyarakat pada tahun 1998. namun sayangnya sampai empat tahun pembangunan masjid tidak juga selesai. Akhirnya Syaikh Ahmad Jauhari Umar memutuskan masjid yang dibangun bersama masyarakat harus dirobohkan, demikian ini atas saran dan fatwa dari KH. Hasan Asy’ari Mangli Magelang Jawa Tengah (Mbah Mangli – almarhum), dan akhirnya Syaikh Ahmad Jauhari Umar membangun masjid lagi bersama santri pondok. AlhamduliLlah dalam waktu 111 hari selesailah pembanginan masjid tingkat tanpa bantuan masyarakat. Kemudian madrasah-madrasah yang dibangun bersama masyarakat juga dirobohkan dan diganti dengan pembangunan pondok oleh santri-santri pondok

Maka mulailah Syaikh Ahmad Jauhari Umar mengajar mengaji dan mendidik anak-anak santri yang datang dari luar daerah pasuruhan, hingga lama kelamaan santri beliau menjadi banyak. Pernah suatu hari Syaikh Ahmad Jauhari Umar mengalami peristiwa yang ajaib yaitu didatangi oleh Syaikh Abi Suja’ pengarang kitab Taqrib yang mendatangi beliau dan memberikan kitabtaqrib dengan sampul berwarna kuning, dan kitab tersebut masih tersimpan hingga sekarang. Mulai saat itu banyak murid yang datang terlebih dari Jawa Tengah yang kemudian banyak menjadi kiyahi dan ulama.

Silsilah Syaikh Ahmad Jauhari Umar :

a. Dari ayah beliah adalah sbb :

1. Syaikh Ahmad Jauhari Umar bin

2. H. Thohir/Muhammad Ishaq bin

3. Umarudin bin

4. Tubagus Umar bin

5. AbduLlah Kyai Mojo bin

6. Abu Ma’ali Zakariya bin

7. Abu Mafakhir Ahmad Mahmud Abdul qadir bin

8. Maulana Muhammad Nasiruddin bin

9. Maulana Yufus bin

10. Hasanuddin Banten bin

11. HidayatuLlah Sunan Gunung Jati bin

12. AbduLlah Imamuddin bin

13. Ali Nurul ‘Alam bin

14. Jamaluddin Akbar bin

15. Jalaluddin Syad bin

16. AbduLlah Khon bin

17. Abdul Malik Al-Muhajir Al-Hindi bin

18. Ali Hadzramaut bin

19. Muhammad Shahib Al-Mirbath bin

20. Ali Khola’ Qasim bin

21. Alwi bin UbaidiLlah bin

22. Ahmad Al-Muhajir bin

23. Isa Syakir bin

24. Muhammad Naqib bin

25. Ali Uraidzi bin

26. Ja’far As-Shadiq bin

27. Muhammad Al-Baqir bin

28. Imam Ali Zainal Abidin bin

29. Imam Husain bin

30. Sayyidatina Fatimah Az-Zahra binti

31. Sayyidina Muhammad RasuluLlah SAW.

b. Silsilah Syaikh Ahmad Jauhari Umar dari Ibu :

1 Syaikh Ahmad Jauhari Umar bin

2 KH Thahir bin/Moh Ishaq bin

3 Umarudin bin

4 Tuba bin

5 H. Muhammad Nur Qesesi bin

6 Pangeran Bahurekso bin

7 Syeh Nurul Anam bin

8 Pangeran Cempluk bin

9 Pangeran Nawa bin

10 Pangeran Arya Mangir bin

11 Pangeran Pahisan bin

12 Syekh Muhyidin Pamijahan bin

13 Ratu Trowulan bin

14 Ratu Ta’najiyah bin

15 Pangeran Trowulan Wirocondro bin

16 Sulthan AbduRrahman Campa bin

17 Raden rahmat Sunan Ampel bin

18 Maulana Malik Ibrahim bin

19 Jalaluddin bin

20 Jamaludin Husen bin

21 AbduLlah Khon bin

22 Amir Abdul Malik bin

23 Ali Al-Anam bin

24 Alwi Al-Yamani bin

25 Muhammad Mu’ti Duwailah bin

26 Alwi bin

27 Ali Khola’ Qasim bin

28 Muhammad Shahib Al-Mirbath bin

29 Ali Ba’lawi bin

30 Muhammad Faqih Al-Muqaddam bin

31 AbduLlah AL-Yamani bin

32 Muhammad Muhajir bin

33 ‘Isa Naqib Al-basyri bin

34 Muhammad Naqib Ar-Ruumi bin

35 Ali Uraidzi bin

36 Ja’far Shadiq bin

37 Muhammad Al-baqir bin

38 Ali Zainal Abidin bin

39 Husein As-Sibthi bin

40 Sayyidatinaa Fatimah Az-Zahra bin

41 Sayyidina Muhammad RasuluLlah SAW.

Meskipun beliau telah berpulang ke RahmatuLlah semoga Beliau mendapat tempat yang mulia di sisi-Nya, dan berkah beliah selalu mengalir kepada kita semua….Amin

Bagi pembaca yang berminat ingin mengamalkan manaqib tersebut, tinggal beli saja kitabnya. Ga mahal, paling 5 ribu rupiah. Tapi harus bisa membaca tulisan Arab, karena manaqibnya berbahasa Arab. Untuk kegunaannya dijelaskan dengan huruf Pegon (penulisannya pakai huruf hijaiyah tapi bahasanya bahasa jawa).

167 Komentar

  1. Yudiansyah said,

    12 Maret 2010 at 3:02 pm

    untuk beli kitab ini di jakarta jualnya dmna dan perlu dapat ijazah izin pengamalannya …terima kasih.

    • ziadah said,

      25 Maret 2010 at 3:32 pm

      untuk wilayah jakarta saya kurang tahu..!! kitab ini lebih afdholnya di ijazah dulu.. klo berminat anda bisa datang ke Indramayu (Jam’iyyah Manakib Jawahirul Ma’ani Cabang Indramayu) atau bisa juga menghubungi di no. ini 087828880817 a/n Muhammad Darda Al-Ghifary (Pengurus Jam’iyyah)

      • nandang said,

        3 April 2013 at 11:05 am

        bisa kah saya bantu untuk mendapatkan kitab jauharul ma’ani, jauharul sani’ah, dan tariqatul aqnia?, saya telah ijazah th 2001 di tegal rejo pasuruan, namun kitab itu 2 tahun yang lalu hilang,

    • andry said,

      16 November 2010 at 9:33 pm

      kl bisa antum minta sekalian amalan jawahirul ma’ani kubro …. di situa ada penambahan al fatehah 100 X, yasin 7 X, ayat jursi DLL

    • Aang manakib said,

      16 Desember 2011 at 11:50 pm

      aslam, ma,f gus, ane titip pesan, buat kawan2 yg ada di JABODETABEK Khususnya… informasikan kitab jawahirul ma,ani jawahirussaniyah dsb ingsa Allah di ane ada, ane berasal dri bogor, alumni PP DARUSALAM TEGALREJO. ane ijazah thn 1999, trimksh, jika yg berminat dri JABODETABEK hub: 088211541498 trimksh. wasalam.

    • abu azzam said,

      22 Maret 2014 at 12:47 pm

      silahkan datang ke cimone, tangerang… 650meter ke arah cikokol… di daerah perumahan..ada kyai haji muhammad zulkarnaen bin kyai haji uqi rusdi… beliau akan ijazah anda… beliau eks pesantrennya kyai umar ini…

  2. Yudiansyah said,

    26 Maret 2010 at 10:57 am

    Terima kasih atas balasan email ini,saya sangat senang sekali telah berbagi informasinya,dan kalo saya boleh tanya kembali apa ada persyaratan khusus tidak untuk bisa mendapatkan ijazah manaqib ini,tolong alamat yang jelas sekalian emailnya,kalo selain di indramayu ada apa tidak,atau Jam’iyyah Manakib Jawahirul Ma’ani pusat dimana yah,
    karena alamat saya sekarang berada di Bojonggede – Bogor,atas perhatian saya sampaikan terima kasih kepada Blog ziadatul mubtadi’in,…wassalam

    • ziadah said,

      7 April 2010 at 6:02 pm

      @yudi: sama-sama, kita ini saudara seiman harus saling menasehati, saling membantu dan saling berbagi jadi jika ada saudaranya yg meminta pertolongan maka Insya Allah saya akan bantu dengan segala kemampuan yg ada walaupun harus dengan nyawa demi menjaga keutuhan Risalah Al-Islam. syaratnya dia harus seorang muslim dengan niat karena Ridho Allah, untuk alamat lengkap bisa dilihat di facebook group “SYEH ABDUL QODIR JAELANY”, pengamal kitab manakib ini sudah tersebar diseluruh wilayah indonesia bahkan sampai keluar negeri seperti belanda, australia, malaysia, brunai dll. tapi untuk detail tempatnya saya kurang tahu atau bisa hubungi saudara endro yg dpt ijazah di pesantren alfutuhat. pusatnya ada di Ponpes Darussalam Tegalrejo yg beralamat di Desa Tegal Rejo – Kejayan TanggulAngin Pasuruwan Jawa Timur
      Wassalam…..
      Muhammad Arief

    • abu azzam said,

      22 Maret 2014 at 12:50 pm

      kalo mau ke cimone… kirim email ke parwadidoang@yahoo.com nanti saya kasih petunjuk tempate kyai muh zulkarnaen…

  3. endro said,

    2 April 2010 at 10:07 am

    aq udah ijazah di pesantren alfutuhat serang-banten.manakib bagus utk diamalkan oleh umat islam dgn niat karena allah.

    • ziadah said,

      7 April 2010 at 6:12 pm

      salam kenal……
      senang rasanya bisa bertemu dengan para pecinta kekasih Allah….
      dalam wasiatnya Syeh Ahmad Jauhari Umar : “….untuk para santri/pengikutku (Pecinta kekasih Allah) jangan pernah terputus/meninggalkan membaca Kitab Jawahirul Ma’ani dan jawahirussaniyah tiap harinya, Insya Allah akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat……aminnn
      Muhammad Arief

  4. achmad basis said,

    15 April 2010 at 3:49 pm

    asslamualaikum.
    alahmdulillah, saya dapat menemukan alamat e-mal ini,
    saya mau tanya, saya tu sudah mengamalkan manaqib ini, selama beberapa tahun, saya dapat ijazah dari ustadz saya, tapi saya masih belum tau apa artinya,
    maka itu saya sanngat berharap, bapak / saudara dapat mengirimi saya , arti dari manaqib tersebut.
    dan apabila ada orang yang berkata bahwa itu bid’ah, apkah yang harus saya jawab.
    tolong beri saya nasehat agar saya bisa yakin dalam mengamlkan manaqib jawahirul ma’any ini. dan tolong disertakan dalil2nya
    jazakallah

    • ziadah said,

      15 April 2010 at 9:23 pm

      Wa’alaikumsalam….!!
      salam kenal.. Saudara Achmad..!!
      Manakib itu adalah kisah/sejarah hidup dari para kekasih2 Allah…seperti Manakib Syeh Abdul Kodir Jaelany (Jawahirul Ma’any) berisi Kisah hidup dari Syeh abdul Kodir Jaelany. Apabila ada orang yg mengatakan Bid’ah cukuplah dgn menjawab bahwa kami orang2 yg beriman & bertakwa kpd Allah SWT (Muslim) diperintahkan untuk mencari washilah atau perantara Kepada_Nya (Perkara yg bisa mendekatkan diri kpd Allah secara Mutlak) seperti dijelaskan dlm tafsir Showi juz 1 hal.332

      ياأيهاالذين أمنواإتّقواالله وابتغواإليه الوسيلة (وابتغاءالوسيلة مايقرّب إليه إطلاقا. ومن جملة ذالك محبة أنبياء الله تعالى وأوليائه والصدقة وزيارة أحباءالله وكثرةالدعاء وكثرة صلة الرحم وكثر

      Kurang lebih artinya : “Hai orang-orang yg beriman, bertakwalah kpd Allah Ta’ala dan carilah washilah (perantara) kepada_Nya”. Mencari washilah adalah semua perkara yg bisa mendekatkan kepada Allah secara mutlak. Sebagian dari hal tersebut adalah cinta kpd Nabi-nabi Allah Ta’ala, cinta kpd Wali-walinya, bersedekah, ziarah kpd kekasih Allah, memperbanyak do’a, memperbanyak Silaturrahmi kerabat family, memperbanyak dzikir dll..
      Membaca Manakib menurut kitab tafsir showi adalah termasuk termasuk tawasul sedangkan menurut Imam Ghozali adalah termasuk ibadah dan menurut Syeh Ahmad Jauhari Umar membaca sholawat & hadroh fatihah untuk mereka termasuk cinta kpd Nabi2 Allah SWT. Membaca Hadroh dan membaca manakib (kisah Syeh Abdul Kodir Jaelany atau lainnya) termasuk cinta kpd Wali2Nya. Pada dasarnya kita mengharapkan Ridho Allah SWT. dan semoga kita termasuk orang2 yg diridhoi_Nya… Amin.

      • achmad basis said,

        16 April 2010 at 2:32 pm

        jazakallah katsir , ats balesannya
        mas/pak, ane mau tanya arti atau tafsir manaqib secara lengkap dapetinnya di manaya, sekarang ane lagi kuliyah di ugm?
        kalau boleh ane minta di kirim lewat e-mail ane (nafidz_winer@yahoo.com )
        terus tafsir Showi itu karangannya siapa dan isnya tentang apa ?
        dan kalau boleh ane minta no telp?
        jazakallah tas balesannya, afwan kalau ane banyak tanya

      • ziadah said,

        16 April 2010 at 6:38 pm

        ….penjelasan kitab manakib yg lengkap bs dicari di toko buku islami yg menjual kitab2 kuning (kitab manakib bukan termasuk tafsir tapi kisah/sejarah hidup, tafsir ditujukan untuk membedah Al-Qur’an). Tafsir Showi karangan Ahmad Ibn Muhammad Al-Showi Al-Maliki (w. 1241) Nama Kitab : Hasyiyah al-Allamah Al-Showi ‘ala Tafsir Al-Jalalain…isinya menjelaskan makna kandungan ayat2 Al-Qur’an dr surat Fatihah sampai An-nas…..!!!

  5. Alfaqir Rd.Encep said,

    28 April 2010 at 10:58 pm

    Assalamu’alaikum Afwan Ana pengamal Manaqib yg dulu pernah ijazah langsung ke Romo Syeikh Ahmad Djauhari Umar.Ana minta NO HP Putera -putera Romo.tolong kirimkan ke no ini 0856 9200 1616.Syukron.ditunggu.

    • ziadah said,

      29 April 2010 at 8:21 am

      Wa’alaikumsalam….!! Maaf saya tidak punya No HP nya, tapi bisa hubungi di no telp pondok (0343)7726167

      • Mashudi said,

        15 Maret 2012 at 1:39 pm

        Afwan ustad ,Bukannya itu no pondok didarussalam pasuruan .ana td tlp

    • aang manakib said,

      3 Januari 2012 at 12:30 pm

      antum perlu no hp gus solah or gus sulton and gus ali hub 089638734031

  6. manaf said,

    30 April 2010 at 1:30 pm

    Jam’iyyah Manakib Jawahirul Ma’ani Cabang Indramayu alamat pastinya dimananya?…
    kalau dekat ku mo ikut jamiyahnya

    • ziadah said,

      30 April 2010 at 5:45 pm

      Alamatnya di Desa Tugu Blok C (Taman) Kec. Lelea Kab. Indramayu, Pengasuh Jam’yyah H. Muhammad Syafi’i Suwaryo (H. Waryo)

  7. ahmad said,

    18 Mei 2010 at 10:16 am

    ass kalo boleh saya mnta fto tuan syech jauhari umar

  8. yudi said,

    19 Mei 2010 at 12:57 pm

    Assalamualaikum wr wb,Dengan hormat untuk semua tolong kirimkan foto syekh ahmad jauhari umar karena saya jama’ah manaqiban tersebut,wassalam

    • ziadah said,

      29 Mei 2010 at 7:26 am

      Insya Allah,, ana msh nunggu balasan apa boleh menyebarkan foto yai Syeh Ahmad Jauhari Umar….!!

  9. dadi mulyadi said,

    19 Mei 2010 at 7:29 pm

    Ass.mf saya mau tanya Apa saja isinya kitab jawahirul hikmah,dan di mana saya bisa ijajahnya saya asli banten ,Rangkasbitung.Terima kasih

    • ziadah said,

      29 Mei 2010 at 7:23 am

      Kitab Jawahirul Hikmah berisi Do’a2, Aurod, Ajimat dan ‘Asma, yg berjumlah 11 kitab. setahu saya ijazah isi kitab tersebut langsung di podok Darussalam tempat kitab itu berasal……

  10. bisri purwanto said,

    24 Mei 2010 at 12:03 pm

    assalamualaikum.wr.wb
    mas,q dlu q pernah mondok d PONPES darussalam,setiap jum’at legi banyak banget para tamu2 yang k sna….tpi yg saya tanyakan apa sekarang masih kyk gtu…soale dh lma q g k san….cos skrng posisi di jateng….oy slam smua buat temen2 2002

    • ziadah said,

      29 Mei 2010 at 7:12 am

      Alhamdulilah,,,tradisi jum’at legian msh berjalan sprti biasanya..Insya Allah Hingga Yaumilkiyamah

  11. habib mahdi alkaff said,

    20 Juni 2010 at 2:05 pm

    assalamu alaikum warohmatullah,,,saya sangat senang dng adanya forum tantang romo,,,demi allah saya sangat seneng,,karena saya jg pengamal managib jauharyl ma,ani….maaf bpk/ustad.sekedar saran,,,saya baca dr pertanyaan awal.
    Yudiansyah berkata,

    12 Maret 2010 pada 3:02 pm

    untuk beli kitab ini di jakarta jualnya dmna dan perlu dapat ijazah izin pengamalannya …terima kasih……
    saya rasa perkataan jual beli buku managib itu g perlu,,,dan saya yakin kyai umar,,,g pernah mengajarkan atau menyuruh kita berbuat seperti itu.
    terima kasih,,,mohon maaf klau ada khilaf dalam perketaan.

  12. ary said,

    22 Juli 2010 at 6:14 am

    alhamdulillah mendapat penjelasan menegnai manakib, mohon ijin saya kutip tulisannya untuk saya simpan sbg referensi,jazakallah ..wass.wr wb

  13. manaf said,

    27 September 2010 at 5:48 pm

    ass. wr wb. mas punten mau nanya kalu mau ijazah langsung ke pesantren darus salam pasuruan gimana etikanya?
    langsung menemui siapa ya?
    biasanya bisa ketumu kyai nya hari apa?
    makasih.
    wassalam

    • ziadah said,

      23 Maret 2011 at 3:56 pm

      Jika Saudara Mau bisa datang pada tanggal 7 April 2011 di ponpes Darussalam Tegal Rejo, Ada acara Haul Akbar sekalian Ijazah Masal yg akan dipimpin langsung oleh Putra Romo Yai Syeh Ahmad Jauhari Umar..

  14. Fatkhuri Wahmad said,

    29 September 2010 at 2:40 pm

    Assalamu’alaikum…
    Afwan, bagaimana cara (prosedur) mendapatkan kitab Jawahirul Ma’ani dari Ponpes Darussalam? Insya Allah kami akan mengembangkan Jami’iyah Manaqib di Depok – Jawa Barat. Alhamdulillah saya sudah mendapatkan ijazah dari seorang guru yang sanadnya sampai ke Al-Maghfurlah Syeikh Ahmad Jauhari Umar.
    Jazakumullah…
    Wassalam…

    Alfaqir Fatkhuri Wahmad

    • abdul manaf said,

      18 Oktober 2010 at 2:22 pm

      untuk mendapatkan kitab Jawahirul Ma’ani bisa didapatkan langsung di toko yang ada di ponpes Darus Salam Tanggulangin Kejayan Pasuruan Jawa Timur.

    • sayogo said,

      13 April 2011 at 11:56 pm

      ass….saya sayogo dari demak numpang tanya antum di daerah mana?saya di daerah sawangan syukur alhamdulillah saya bisa ikut jamaah antum tiap2 38 harinan( selapanan)

      • ziadah said,

        22 Mei 2011 at 6:37 pm

        Alhamdulillah….
        Salam Kenal kepada Bapak Sayogo, Ana dari Jawa Barat Tepatnya di kabupaten indramayu…
        Insya Allah…Hidup kita akan Barokah jika senantiasa mengamalkannya..amin

      • abu azzam said,

        22 Maret 2014 at 12:54 pm

        mohon maaf… yang di cimone tangerang, guru saya kh muh zulqarnaen bin kh uqi rusdi juga ada manakib tiap malam jumat ..silahkan ke cimone juga..

  15. zaenal abidin said,

    2 Oktober 2010 at 10:43 pm

    kira kira kapan ya di daerah jember ada acara rutinnya manaqib jauhirul ma’ani…..amin

  16. ahmad nafi' jawahir said,

    11 Oktober 2010 at 3:40 pm

    bagus banget…kira-kira bisa dikirim nggak y ke e-mail ane

  17. andry said,

    16 November 2010 at 9:35 pm

    tolong dong minta alamt / nmr tlp yg bisa di hubungi tuk kumpulan jawahirul ma’ani yg di jakarta ….

    • Ahmad Fauzi said,

      5 Mei 2011 at 5:09 pm

      Assalamu’alaikum Wr.Wb.
      Saya salah satu jama’ah Manaqib Jawahirul Ma’ani di Jakarta Selatan kalau anda ingin bergabung silahkan datang ke Masjid Jami’ Al ‘Inayah Jl.R.M.Kahfi I Rt 008/02 Cipedak Jagakarsa Jakarta Selatan dan dipimpin oleh murid dari Syaikhina K.H.Ahmad Jauhari ‘Umar yaitu Ust.Ridwan Umar.
      Demikian informasi ini.
      Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  18. NURHADI said,

    5 Desember 2010 at 10:51 am

    Ustad saya mau terjemahan Manaqib Jawahirul Ma’ani tolong dikirim lewat emil saya sebelumnya kami ucapkan jazakumulloh koiron katsiro

  19. Arrzim said,

    28 Januari 2011 at 2:42 am

    Alangkah senangnya bila saya bisa mendapatkan terjemahanya…luar biasa jika mengamalkan dan mengetahui artinya..
    maklum saya newbie masalah arti arab..
    tp…bisa akhi2 rasakan setelah mengamalkannya atas izin Allah..Semua kebutuhan tercapai..cz Alhamdulillah saya sudah mengamalkan hampir 3 thn..

  20. Kamaluddin said,

    20 Februari 2011 at 8:55 pm

    Assalamu’alaikum wr wb…
    Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad…
    Ustadz, ane kepengen banget terjemah jawahirul ma’ani & jawahirusshalawat. klo ngga keberatan tolongin terjemahin donk tadz ke email ane.

  21. manaf said,

    22 Maret 2011 at 10:20 am

    Assalamu’alaikum wr wb..
    mau nanya, untuk haul Syech Ahmad Jauhari Umar dilaksanakan Kapan Ya ?

    • ziadah said,

      23 Maret 2011 at 3:51 pm

      Insya Allah akan di laksanakan pada tanggal 7 April 2011 di Ponpes Dasussalam Tegal Rejo Tanggul Angin, Kejayan-Pasuruan Jatim

      • 13 Februari 2013 at 8:27 pm

        assalamualaikum wr wb mau nanya dimana bisa saya daptkan kitab jawahirul ma”ani dan jawahirussaniyah di tegal dan dmna saya bsa datang ke tempat ustad hilmi tegal

  22. iswanto said,

    22 Maret 2011 at 8:14 pm

    alhamdulilah setelah saya mengamalkan manakiq jawahirul maani melalui saran kh abdul ngofor jepara.kehidupan iman saya bertambah tenang .rizki kluarga saya di gampangkan oleh allah.

  23. ziadah said,

    23 Maret 2011 at 4:01 pm

    SAYA MENGUNDANG KEPADA SELURUH IKHWAN MANAKIB JAWAHIRUL MA’ANY YG ADA DI SELURUH WILAYAH NUSANTARA UNTUK MENGHADIRI HAUL AKBAR DI PONPES DARUSSALAM TEGAL REJO DI PASURUAN JAWA TIMUR YG INSYA ALLAH AKAN DILAKSANAKAN PADA TANGGAL 7 APRIL 2011….

    • manaf said,

      24 Maret 2011 at 8:53 am

      ass. kalau dari indramayu ada rombongan yang kesana ga? kalau ada boleh ga ikut? brp biayanya?

      • ziadah said,

        29 Maret 2011 at 1:51 pm

        Insya Allah Rombongan dari Indramayu dan Arjawinangun Cirebon akan berangkat, Jika ada mau ikut bisa menghubungi panitia rombongan di No.HP 087828880817 (M. Darda Al-Ghifary).

  24. Nanang Ma'Rufi said,

    27 Maret 2011 at 3:10 am

    Assalamualaikum……

    Aku sudah membuktikan hanya dgn mengamalkan kitab Jawahirul ma’ani…,aku mendapatkan ke ajaiban2 saat touring vespa Semarang ke Aceh & kota Sabang tugu nol kilo meter Indonesia….,tanpa bawa bekal uang sepeserpun saat keluar dari rumah.

  25. aang said,

    5 April 2011 at 9:02 pm

    salam kenal semua nya dari orang jawa barat

  26. ahmad fauzi said,

    7 April 2011 at 9:55 pm

    salam silaturohim kepada segenap pengasuh pondok pesantren darussalam tegal rejo tanggulangi pasuruan yang sekarang sedang mengadakan haulnya mbah yai jauhari umar dan tasyakuran kitab jawahirul ma’ani yang ke sekian kalinya. saya alumni santri riadoh minta maaf kepada pengasuh dikarenakan tidak hadir dalam acara haul mbah yai pada saat ini tepatnya tanggal 8-april-2011 dikarenakan halangan yang tidak bisa di tinggalkan yaitu menjaga dalemnya KH.mohammad hasyim syafaat pengasuh pp darussalam dikarenakan beliau umroh ke tanah suci.kami hanya bisa mendoakan agar acara haul mbah yai jauhari umar bisa sukses dan berjalan lancar amin dan semoga pondok pesantern darussalam bisa langgeng ila yaumil kiamah amin.

  27. gunawan said,

    8 April 2011 at 7:40 pm

    ass. buat rekan2 yg ingin ijazah manakib bisa datang ke kh jundan janapi pengasuh ponpes al futuhat yg ada di ds.carenang kec.kopo kab.serang banten. murah maharnya cuma Rp 20.000. utk dua kitab yaitu manakib dan sholawat khoiril bariyah. arahnya naik bus dari jakarta-rangkas atau bus rangkas-jkt. entar turun di cikande asem lalu ngojek minta diantar ke kh jundan janapi ponpes al futuhat ongkos Rp 5 rb.

  28. sayogo said,

    13 April 2011 at 11:28 pm

    SUBHANALLAH WALHADULILLAH WALAILLA HAILALLAH ALLAHUAKBAR……setelah 10 tahun malam ini saya diberikan nikmat oleh Allah untuk dapat bertemu dengan semua JAMIAH MANAQIB JAWAHIRUL MA`ANI. MERINDING RASANYA bila mendengar fadhilah2 yang sedulur sedulur sampaikan…untuk jamaah yang ada di Jakarta saya menyediakan kitab GRATIS,saya masih menyediakan 5 kitab, Fainsya4jj1 anda bisa dapat lebih banyak lagi kitab2 karangan beliau di Demak kami masih menyediakan GRATIS. anda bisa Hubungi saya (sayogo/085283771391) sawangan Depok. Syukur Alhamdulillah kita dapat membentuk jamiah manaQipaN sendiri di Jakarta tiap 38 hari sekali dimana kita ketemu dan kapan kita bicarakan…. untuk saudara-saudaraku yang berniat untuk mengamalkanya, untuk ijazah saya tidak bisa,tapi Guru Besar saya yang berada di Demak sudah Mendapatkan Sertifikat Khusus yang ditunjuk langsung Oleh ROMO KH. SYEIK AHMAD JAUHARI ketika beliau masih hidup. untuk Almarhum saya sebagai murid hanya bisa berdoa semoga SEGALA JASA2 BELIAU MENDAPATKAN BALASAN YANG TERBAIK DARI ALLAH AMIIN

    • tajridus shoreh said,

      7 Oktober 2011 at 11:40 am

      mohon kasih tau alamat sekretariat jamiyah manaqibnya, insyaallah saya segera bergabung. hubungi saya lwt 085719355707

  29. sayogo said,

    13 April 2011 at 11:44 pm

    DEMI KEMASLAHATAN UMAT SAYA TIDAK MENJUAL, SAYA HANYA MEMFASILITASI SAUDARAKU SEKALIAN,SILAHKAN DATANG DAN HUBUNGI SAYA KALAU ANDA BERMINAT UNTUK MENGAMALKANYA…MOHON MAAF SEBESAR BESARNYA TIDAK ADA NIATAN SEDIKITPUN UNTUK BERDAGANG
    untuk
    habib mahdi alkaff
    saya sayogo Bib tidak ada maksud apa-apa kecuali ingin bersyiar, mohon bimbinganya agar selalu dijalan yang benar,trimakasih

  30. suhemi said,

    27 April 2011 at 1:46 pm

    aslam…..tolong ksih tau dong alamat lengkap ke jatim,
    saya dari jakarta….?

    • ziadah said,

      22 Mei 2011 at 6:33 pm

      Bapak Bisa datang ke alamat yg disebutkan oleh Saudara Ahmad Fauzi…Insya Allah
      (komentar diatas)

  31. sarif hidayat said,

    21 Mei 2011 at 4:07 pm

    Assalamualaikum wr wb..

    pak saya ingin ijajah manakib tmpt saya di gabuswetan blok jenguk indramayu
    yg bisa saya datangi bsa kejangkau dmana ya…mksh wasslm

    • ziadah said,

      22 Mei 2011 at 6:42 pm

      Wa’alaikum salam….
      Bapak/Ustad bisa datang langsung ke Desa Tugu Kec. Lelea dan
      Bertemu langsung dengan Pengasuh Jami’yyah H. Muhammad Safi’i Suwaryo ( H. Waryo)
      atau bisa menghubungi ke Ust. Darda (087828880817) Insya Allah

  32. asep g said,

    12 Juni 2011 at 2:32 pm

    Ass. Warohmatulloh
    Mohon Do’a dari semua saya jg lg merintis jamaah Manaqib Jawahirul-maani,
    di daerah cibitung JABAR

  33. fachreza esshambalawininie said,

    17 Juni 2011 at 4:15 am

    alhamdullah ya rabb….msh bnyk pecinta tuan sekh abdul qodir jaelani!! Mskpn d dunia maya!! Serasa bertemu sodara. .. Smoga kita smw dpersatukan menjadi santri tuan sekh… Dan brkumpul brsamaNYA..AMIN YA RABBAL AALAMIN….!!

    UNTK INFORMASI DAN MENJALIN SILATURAHMI.. ORANG BDG KHUSUSNA DIANTOZ KBARE…

  34. rafek said,

    24 Juni 2011 at 9:07 pm

    assalamualaikum wr.wb…..
    saya tinggal di bandar lampung dan alhamdulillah saya dulu pernah dapat ijazah dari guru ngaji saya, alhamdulillah banyak hikmah dan manfaat yang banyak saya dapat setelah mengamalkanya,yang saya mau tanyakan kira-kira ada tdk jamaah manakib jawahirul ma’ani di lampung,,, kalo ada insya allah saya pingin bergabung dan belajar bersama….mohon kalau ada saya minta alamatnya di lamppung….terimakasih….

    • Mashudi said,

      15 Maret 2012 at 1:20 pm

      Ada. yang di bawa oleh Ustadz Ahmad Zaki
      di Majelis Jawahirul Ma’ani di Jln Raden Fatah Kaliawi Bandar Lampung
      CP. 081379705550

  35. ihya ulumuddin said,

    6 Agustus 2011 at 8:23 pm

    asslm.slm kenal ustad saya ihya’ ulumuddin Balikpapan KALTIM.ustad..!mo tx apa di balikpapan ada jam’iyyah jawahirul maani?email saya ihyaulumuddin75@yahoo.co.id

  36. 2 September 2011 at 12:56 pm

    assalamualaikum
    saya perna ktemu santrinya darussalam d.banten , saya perna konsultasi tapi beliau menyuruh saya langsung k.pusatnya . bisa konsultasi dgn gus ali tidak ?

  37. tajridus shoreh said,

    7 Oktober 2011 at 11:36 am

    mohon informasinya,
    untuk daerah jakarta selatan, khususnya cialndak dan sekitarnya, jika ada jam’iyah manaqib jawarul ma’ani tolong hubung saya ke no 085719355707, insya allah saya segera bergabung.
    trima kasih

  38. 18 Oktober 2011 at 10:27 pm

    kapan ijazah akbar di pasuruan yang di pimpin langsung oleh gus solahudin umar

  39. suryono said,

    23 Oktober 2011 at 4:08 pm

    saya sudah dapat ijazah manaqib tersebut dari KH Abdul Hanan Ma’shum (PP fathul ulum, Pare- Kediri). Mohon bantuan do’anya semoga barokah

  40. Rahmat Baihaki said,

    27 Oktober 2011 at 8:25 am

    hamba Allah, Alhamdulillah sejak ngamalin manaqib jawahirul ma,ani Allah memberikan berkah pada rizki saya…wslm

  41. hadi mukhtar said,

    6 November 2011 at 10:34 pm

    pak,kalo ada teks manakibnya,tolong kirimkan ke e-mail saya!

  42. 9 November 2011 at 10:58 am

    الحمد لله رحمه الله دائما والمعلم الكبير عمر الجواهري واللطف الرد على جميع العلوم التي كانت في التدريس لنا جميعا، إن شاء الله.. وأنا أيضا أحد الذين يمارسون ذلك… أتمنى أن يعطي نعمة الله علينا جميعا..:))

  43. fauzi said,

    23 November 2011 at 3:21 pm

    fauzi berkata..
    salam, adakah di malaysia ada jaamh yang mengamali manaqib ini..
    mohon keizinn mendapatkan kitab berkenaan

  44. fathis surur said,

    27 November 2011 at 5:01 pm

    ass.saya sekedar ingin berbagi bagi saudara2 yang ingin ijazah lengkap kitab jawahirussaniyyah dan jawahirulma’ani serta hizib maghrobi asma’ qurun sebaiknya langsung saja ke ponpes Darussalam Kejayan Pasuruan Insyaallah berkah.agar lebih afdol sebelum mengamalkan puasa sunnah 7/11/41 hari setiap hari baca surat Yasin 7x, jawahirussaniyyah 7x jawahirul ma’ani 7x setelah selesai bisa di baca minim masing2 1x setiap hari. Insaallah berkah. Amin.

  45. Hapid said,

    7 Desember 2011 at 3:13 pm

    assalamualaikum wa.wab salam kenal buat semuanya pengamal manakib jwahirul maani, sy jga salah satu yg mengamalkannya, jadikan manakib sebagai tuntunan kehidupan di segala hal. wasslm

  46. m.ulinnuha .pancur mayong.jpr said,

    29 Januari 2012 at 9:55 am

    assalamualaikum.alhamdulillah media internet bisa di gunakan untuk saling silaturrohmi kita ummat islam seiman sehaluan ,semoga ajang tukar info tentang JMJM se luruh pejuru dunia bisa menambahkan semangat juang kita sebagai pengikut para salafussholih ,termasuk Al mujizkita (Assyaikh KH Ahmad Jauhari Umar bin Muhammad Ishaq Umar R.A serta generasi penerusnya ) amin. wassalamualaikum. salam kenal dr sdr abaheayik.di jepara jawatengah.indonesia .trims

  47. ahmad qow said,

    25 Februari 2012 at 9:35 am

    kulo sakeng pringsewu lampung

    • Mashudi said,

      15 Maret 2012 at 1:26 pm

      dimana alamatnya atau majelisnya ???
      Kita dari Majelis Ta’lim Jawahirul Ma’ani Almaturidi bandar lampung
      Majelis manakib jg

  48. bis said,

    13 Maret 2012 at 2:20 pm

    siiipppp

  49. Mashudi said,

    15 Maret 2012 at 1:12 pm

    Just Info
    Majelis Ta’lim Jawahirul Ma’ani Almaturidi, akan mengadakan Maulid Saidatina Siti Fatimah Az-Zahro dan maulid Fatimah As-Soma’iy Serta Khaul Syekh Abdul Qodir Al Jilani Yang akan diadakan Pada :
    Hari / Tgl : Kamis malam jum’at / 22 maret 2012
    Tempat : Majelis Ta’lim Jawahirul Ma’ani Almaturidi
    Jl. Raden Fatah No.1 Kaliawi Bandar Lampung
    Lampung ( Kediaman Ustadz. Ahmad Zaki )
    Pengasuh Majelis Ta’lim
    Waktu : 19.45 Wib Ba’da Isya
    Penceramah : Prof.DR.KH. Udi Mufradi, LC, MA (Cilegon Banten)
    Bagi saudara ku yang mempunyai kesempatan wkt utk hadir, dengan senang hati kami terima.Insya ALLAH dgn kita memperingati Maulid ini dan Khaul Syekh Abdul Qodir Al Jilani ,kita akan mendapatkan Barokah dari ALLAH, dan safaat dari Rosulallah di yaumil akhir, Amin
    Cp.081379705550

  50. Mashudi said,

    15 Maret 2012 at 1:22 pm

    ada pertanyaan sedikit, dari silsillah diatas
    Kenapa silsillah dari ibu Mbah Ahmad Jauhari sama dengan silsillah dari bpknya sampai no ke 4?? mhn penjelasannya

  51. Lhoko Jhoyo said,

    23 Maret 2012 at 9:01 am

    Assalmu’alaikum,,,,,,,
    Ustadz saya ingin tau arti manaqi jawahirul ma’ani & sholawat Saniyah mohon dengan sangat untk di kirimkan ke alamat email saya, Syukron sebelunya,,,,,,

  52. indrawan susanto said,

    30 Maret 2012 at 8:23 am

    askum,,,saya ingin belajar manakib jawahirul ma’any,,,
    g mn cara mndpatkan kitab x,,,
    terima kasih

  53. MUHAMMAD SOLEH ER said,

    1 April 2012 at 11:47 pm

    Asslm,Wr,Wb,salam kenal soleh rangkas,makasih atas informasiya semoga ber manfaat bagi kita semua,amiiin

  54. Yuli Susanto said,

    8 April 2012 at 11:40 am

    Mohon info dimana saya bisa dapatkan kitab jawahirul hikmah? Saya adalah pengamal manaqib jawahirul ma’any atas ijazah langsung dari guru saya. Terimakasih.

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 8:16 pm

      coba tanya ke kantor pusat jam’iyah
      (0343) 7726167.

  55. 10 Mei 2012 at 10:37 am

    Assalaamu ‘alaikum, kaang? Sy mau minta penjelasan difaidah ‘adzimah yg Mahabbah khusus & buat minyak asma’. Mohon diperjelas. Mutur suwun. Wassalaam…?

  56. aria bagas said,

    14 Juni 2012 at 8:15 pm

    assalamualaikum,
    Bagi para muslimin wal muslimat pengamal jawahirul maani, saya pernah ikut jamaah manaqib tersebut tapi sampai saat ini belum tahu arti bahasa / terjemah dalam bahasa indonesia/ jawa yang ada di dalam kitabnya, mohon yang mengetahui dan paham melalui IT, bisa menyebarluaskannya, dan bila berkenan saya pribadi mohon kirimannya melalui email saya ariabagas22@yahoo.co.id

  57. 2 Juli 2012 at 9:20 pm

    Ass… tolong ki terjemahannya kitab Mnaqib JwM?

  58. junaidi said,

    6 Juli 2012 at 10:42 am

    saya Junaidi, dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kemana minta kiriman isi kitab manaqip jawahirul ma’any…

  59. ajat said,

    18 Agustus 2012 at 12:18 pm

    kapan di banten ada izajah kubro,jawahiirul ma’ani…mohon info’y

  60. rizal said,

    14 September 2012 at 1:34 am

    assalamualaykum…
    alhamdulillah saya termasuk pengamal manaqib jawahirul ma’aniy..mohon saya dikirimkan terjemahannya via email agar dalam amalan saya bisa lebih memahami…syukron
    ml_yanwar@yahoo.co.id

  61. 17 September 2012 at 7:47 pm

    assalamualaikum wr wb

  62. fahmi said,

    25 September 2012 at 2:32 am

    salam alaikum ustadz, mohon izin copas artikel ini ke web kami

  63. benny said,

    10 November 2012 at 5:25 pm

    assalammualaikum,,,,alamat daerah cikupa tangerang ada ga,,,,
    makasih,,,,,infonya

  64. ahmad said,

    3 Desember 2012 at 11:03 am

    assalamualaikum wr wb… sodaraku skalian … dulu saya ijazah manqib taun 94 ijazah lgsung dr kyai ahmd jauhari umar.. alhmdulillah hidup saya berkah sy biisa naik haji taun 2003 dan 2011 tetapi kr ksibukan aku jd lalai dgn amalan tsb. hingga skrg ekonomiku terpuruk…. dan skrg sy sadar akan ksalahn trsbut…maka kini mulai mengamalkan lagi saya mohon doa restu agar saya di beri kkuatan untuk istiqomah dgn amaln tsb wahai shohibul ijazah

  65. 10 Desember 2012 at 8:53 am

    ustadz yg ada di pondok druslm….masih ingat aq gx….aq mbae stadz (roziqin) dari jepara…pernah jadi santri di drslm….tlong stadz klo bisa sya krimi no tlvon’a ustdz sodikul anwar……..

  66. Aldy said,

    10 Desember 2012 at 8:05 pm

    Assalamualaikum…gus saya mau minta no ustad hilmi tegal ,rncana saya mau bli kitab sma beliau ..tolong krim ke almat emile sya aldy.jotan@yahoo.com /krim ke no 08882609812 trima ksih wassalamualaikum

  67. Ahmad Dianto said,

    27 Desember 2012 at 1:46 pm

    Assalamulaikum. Wr. Wb.
    Mohon petunjuk, ana tinggal di Bondowoso. untuk mendapatkan kitab Jawahirul Ma’ani, Jawahirustsaniyah dan Toriqotul ahgniya’ dan ijazah tiga kitab tersebut dimana. soalnya ditoko2 buku dan kitab dikota kami tidak ada yang menjual tiga kitab tersebut.
    Trkasih sblumnya

  68. 19 Januari 2013 at 3:26 pm

    Trimaksih kpd yg telah mencantumkan sejarah beliau semoga lantaran kita membacanya kita mendapatkan berkah darinya
    dan smoga kita jga dpt merasakan karomah2 dr beliau.dan smoga allah swt memberikan kemudahan dan jalan keluar bgi kita smua kantaran kita mengamalkan peninggalan beliau yakni manaqib jauharul ma’ani. . .dan smoga kita dpt berziaroh ke makam beliau dgn mudah . .amiin. . . . .

  69. Nur rohmad sukron said,

    25 Januari 2013 at 11:06 pm

    Assalamulaikum,,, wr.wb,,,
    Tanggal berapa di adakan lagi haul SYEH AHMAD JAUHARI UMAR di tahun 2013
    ,,,ea ,,,?
    wassalam wr.wb.

  70. Nur rohmad sukron said,

    25 Januari 2013 at 11:13 pm

    Tolong kirim zmz di nomer 087713022206
    aku tunggu balasannya ea ?

  71. 13 Februari 2013 at 8:21 pm

    assalamualaikum wr wb,dgn skretariat ponpes darussalam saya mau tanya sblumnya sya dri tegal yg sya tanyakan dimana saya bsa dpt kitab trsebut di tegal mhon di bri tahu,alhamdulillah saya jga prnah mondok dstu cuma 6 bulan,gimana saya agar bisa hubungi ustad hilmi tgal trima kasih wassalamualaikum wr wb

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 8:13 pm

      coba tanya ke kantor pusat jam’iyah
      (0343) 7726167.

  72. SERIBU HALILINTAR said,

    22 Maret 2013 at 12:30 am

    MEMANG LUAR BIASA KITAB2 MANAQIB, PADAHAL SAYA BELUM FASIKH MEMBACANYA TAPI SAYA SANGAT SUKA DENGAN KELEBIHANYA!

  73. Arief Sudrajat said,

    22 Maret 2013 at 10:48 am

    Assalamualaikum…,Alhamdulillah saya salah seorang santri pengajian manakib jawahirul ma’any di daerah kedoya jakarta barat dan subhanalloh sangat terasa sekali nikmat rejeki yang saya rasakan setelah mengikuti pengajian Manakib Jawahirul Ma’any, apabila ada yang berminat untuk ikut hadir di Majlis kami hubungi saya di 082126918183. Mudah2n Alloh SWT memberikan kita keridhoan dan kebarokahan dunia dan akhirat melalui kitab Manakib Jawahirul Ma’any..Amin Yaa Robbal ‘alamin.

    • Enny said,

      14 Juli 2013 at 9:10 pm

      Assalamualaikum. Di Bekasi ada tdk pengajian manaqib ?

  74. munif said,

    24 April 2013 at 9:31 pm

    assalamu`alaikum wr. wb.. saya beritahukan kepada pengamal/calon pengamal manaqib…. kalau pngen mendapatkan kitab2 karangan syeikh Ahmad Jauhari Umar,,, bisa pesen di kantor pusat jam`iyyah manaqib jawahirul ma`ani… cp. 085259067145 / (0343) 7726167… trus lebih afdolnya ijazah langsung ke PP. Darussalam Tegalrejo Kejayan Pasuruan Jatim. lebih enaknya pada kamis kliwon malam jum`at legi.. ijazah massal….

  75. andeas said,

    26 April 2013 at 6:34 pm

    tolong kalau ada terjemahannya, saya dikirimi lewat email
    an.deas@yahoo.com…………….mkasih.

  76. santoso said,

    23 Mei 2013 at 3:17 pm

    asalamu’alaikum…
    Maaf sebelum’nya. Numpang tanya dimana ya saya bisa mendapatkan kitab manaqib jawahirul ma’ani?
    Saya mohon bantuan&informasinya. Trimakasih.wassalam…

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 8:12 pm

      coba tanya ke kantor pusat jam’iyah
      (0343) 7726167.

  77. ebid said,

    29 Mei 2013 at 1:58 pm

    kami pengamal manakib jawahirul ma’ani (santrinya syaikh jauhari umar) yang ada di kab. blora jateng mau mencari info sbb. bolehkah mondok di pp darussalam sambil sekolah formal?, ada tidak SLTA yg berada di lingkngn pndok/ atau max jrk antr pndok dngn skolh 10 km?, msh bisakah bljr ilmu hikmah, riyadloh di pp darussalam? siapa mujiznya? trims kami tunggu balasannya

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 8:09 pm

      coba tanya ke kantor pusat jam’iyah
      085259067145 / (0343) 7726167
      saya kurang tahu soal itu..

      • 16 Oktober 2013 at 10:45 am

        assalamualaikum wr wb sya dri tegal,tlong bsa tidak saya minta no ustad hilmi tegal,krna sya tau beliau bsa mncarikan kitab buat saya,mohon bantuanya….jikalau ada tlong krimkan ke no 085794190145 trima kasih

  78. Badri allghifary said,

    1 Juni 2013 at 4:00 am

    alhamdllh…..
    wasilah dan syariatnya mengamalkan kitab jauharul ma’ani guru saya bisa di sembuhkan dari penyakitnya…
    Mudah2n kita bisa dawam mengamalkan nya..
    Amin…..

    #PONPES HIDAYATUL IKHWAN – TENJO BOGOR…

  79. Badri allghifary said,

    1 Juni 2013 at 4:25 am

    Alhandulilah….
    Berkat wasilah mengamalkan kitab manakib ini guru saya alhmdllh bisa di sembuhkan dari penyakitnya….
    Dan mudah2an kita semua bisa mengamalkannya….

    Amin….
    #PONPES HIDAYATUL IKHWAN – TENJO BOGOR#

  80. 19 Juni 2013 at 2:06 am

    sulthoni auliya’i sayyidina syech Abdull qodir AL_ jailani…
    …..”^¤^)

  81. m.alvin jauhari said,

    23 Juni 2013 at 10:14 am

    assalamualaikum derh kudus kk tdk ad yg jualan ktb manaqibnya yg ctkn baru knp

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 8:10 pm

      coba tanya ke kantor pusat jam’iyah
      (0343) 7726167.

  82. 23 Juni 2013 at 10:49 am

    aslm, kalau mau ijazahan manakib n dapat kitabnya yg asli untk daerah lampung timur dmana ya min. Ngapunten.

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 8:10 pm

      coba tanya ke kantor pusat jam’iyah
      (0343) 7726167. saya kurang tahu daerah lampung..

  83. 3 Juli 2013 at 12:44 am

    assalamu’alaikum…
    saya seorang pelajar yang berasrama di sekolahan saya yang berbasis semi pondok, alhamdulillah saya telah mengikuti ijazah,an kemarin jum,at 21 mlm 22 juni kemarin,
    saya mau tanya, jika saya membaca kitab jawahirus saniyah hingga saya bisa isttiqomah barulah saya mengamalkan jawahirul ma’ani bagaimana.?
    terimakasih
    wassalamu’alaikum

  84. Enny said,

    14 Juli 2013 at 9:15 pm

    Klo blm bs baca qur’an apa bs dpt wasilah dr kitab manakib dan bgmn caranya ?

  85. olcha said,

    19 Juli 2013 at 5:12 pm

    jika kiab jawahirusholawat ad g?

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 8:02 pm

      pd saat ijazah, kita diharuskan mengamalkan dua kitab..
      Jawahirul Ma’any dan Jawahirus tsaniyah (berisi kumpulan sholawat-sholawat agung)

  86. 9 Agustus 2013 at 5:48 pm

    Untuk memesan kitab tersebut bagaimana caranya dan kemana harus beli ?
    Mohon jawabanya…

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 8:11 pm

      coba tanya ke kantor pusat jam’iyah
      (0343) 7726167.

  87. Gusse said,

    10 Agustus 2013 at 6:06 am

    assalamu’alaikum … ,, memang aku belum punya ijazah manaqib jawahirul ma’ani….” tp aku senang dng manaqib tsb..,, dan dari dalam hatiku ingin punya amalan tsb tp diriku rasanya berat utk melakukan amalan tsb secara istiqomah….,, mohon di doa’ kan supaya cepat2 mempunyai amalan manaqib jawahirul ma’ani tsb ..

  88. 23 Agustus 2013 at 7:00 pm

    Salam Pecinta/pengamal kitab Jawahirul MA’ANI & JAWAHIRUL SANIYAH & pecinta Sulthoni auliya’i sayyidina syech Abdull qodir AL_ jailani & Pecinta Nabi Muhammad SAW…

  89. logika71 said,

    25 Agustus 2013 at 8:17 pm

    alhamdulillah dengan mengamalkan manaqib jawahirul maani Diniyah saya dapat segera terwujud > Kusma Tuban

  90. 29 Agustus 2013 at 1:25 am

    ass. wr . wb salam silahtuhrahmi, saya sangat berharap kitab yang dimuat disini dapat menambah wawasan ilmu dan tuntunan yang berharga bagi diri saya.

  91. mujahid muda said,

    2 September 2013 at 10:42 pm

    sy lulusan matematika UNILA. asal lampung. sy bukan santri. dr pendidikan umum. skrng ini sy mngikuti mjlis mnkiban d kmpung sy d lampung. tp sy bngung. bnyk juga yg mnolak dan mnggp sesat. bidah. sdng sy labil.mohn pncerahannya.syukron y akhi

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 7:57 pm

      Wa’alaikumsalam….!!

      Manakib itu adalah kisah/sejarah hidup dari para kekasih2 Allah…seperti Manakib Syeh Abdul Kodir Jaelany (Jawahirul Ma’any) berisi Kisah hidup dari Syeh abdul Kodir Jaelany. Apabila ada orang yg mengatakan Bid’ah cukuplah dgn menjawab bahwa kami orang2 yg beriman & bertakwa kpd Allah SWT (Muslim) diperintahkan untuk mencari washilah atau perantara Kepada_Nya (Perkara yg bisa mendekatkan diri kpd Allah secara Mutlak) seperti dijelaskan dlm tafsir Showi juz 1 hal.332

      ياأيهاالذين أمنواإتّقواالله وابتغواإليه الوسيلة (وابتغاءالوسيلة مايقرّب إليه إطلاقا. ومن جملة ذالك محبة أنبياء الله تعالى وأوليائه والصدقة وزيارة أحباءالله وكثرةالدعاء وكثرة صلة الرحم وكثر

      Kurang lebih artinya : “Hai orang-orang yg beriman, bertakwalah kpd Allah Ta’ala dan carilah washilah (perantara) kepada_Nya”. Mencari washilah adalah semua perkara yg bisa mendekatkan kepada Allah secara mutlak. Sebagian dari hal tersebut adalah cinta kpd Nabi-nabi Allah Ta’ala, cinta kpd Wali-walinya, bersedekah, ziarah kpd kekasih Allah, memperbanyak do’a, memperbanyak Silaturrahmi kerabat family, memperbanyak dzikir dll..
      Membaca Manakib menurut kitab tafsir showi adalah termasuk termasuk tawasul sedangkan menurut Imam Ghozali adalah termasuk ibadah dan menurut Syeh Ahmad Jauhari Umar membaca sholawat & hadroh fatihah untuk mereka termasuk cinta kpd Nabi2 Allah SWT. Membaca Hadroh dan membaca manakib (kisah Syeh Abdul Kodir Jaelany atau lainnya) termasuk cinta kpd Wali2Nya.
      Pada dasarnya kita mengharapkan Ridho Allah SWT. dan semoga kita termasuk orang2 yg diridhoi_Nya… Amin.

  92. 7 september 2013 said,

    7 September 2013 at 10:45 am

    asalamualaikum..

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 7:08 pm

      wa’alaikum salam warohmatuallahi wabarokatuh..

  93. anas Farikhan Sluke-Rembang-jateng said,

    7 September 2013 at 12:45 pm

    Assalamualaikum…. Pada taon 2000 , sy pernah sowan mbah jauhari dan ketika itu sy dikasih pakaian ihrom beliau , nah yg jadi pemikiran saya…. maksud beliau itu apa ya…?? padahal waktu sowan ada mbah saya,bapak,pak lek2.. tolong saya dibantu maksudnya apa…??? terima kasih wassalam

    • ziadah said,

      11 September 2013 at 7:42 pm

      wa’alaikum salam,
      mungkin maksud beliau agar tetap istiqomah mengamalkan manaqib, sampai mampu ibadah haji..
      seandainya saya yg dikasih, akan saya pakai berangkat haji… Insya Allah

  94. Angker L said,

    12 September 2013 at 10:19 am

    sy jamaah manaqib di jakarta utara silahkan merapat ke cilincing jika berkenan bergabung setiap jum’at legi…..

  95. rohman said,

    14 September 2013 at 6:55 pm

    asslm… maaf ustad, dmn alamat lengkap y, jam berapa acara di mulai nya ?… trimks,

  96. sholeh said,

    24 September 2013 at 12:38 am

    assalamu’alaikum…

    • Achmad.jauhari said,

      3 November 2013 at 12:13 am

      Assalamu.alaikum.. Saya jauhari dari jakarta utara. Mau tanya kalau dicilincing alamat penajianya dimana yah? Trims. Wassalamu.alaikum

  97. Agus Riyanto said,

    26 Oktober 2013 at 12:15 pm

    Salam, Dari arek Demak;
    Beruntung bagi orang-orang yang dipertemukan dg beliau Dhohir & Batinnya.. :-)

  98. ahmad soli said,

    11 November 2013 at 1:23 pm

    assalamu’alaikum. kang ust. saya mohon pentunjuknya, sebenarnya saya sudah dapat ijazah langsung dari beliau Syekh Ahmad Jauhari umar, akan tetapi saya belum mngerti tentang bi qodri imkan, ohon penjelasannya….

    • wiryo said,

      27 Maret 2014 at 10:11 pm

      bi qodril imkan / sak kobere. sempatnya seminggu sekali ya seminggu sekali.

  99. Adi said,

    21 November 2013 at 8:41 am

    Asalamu’alaikum
    Sy dri dpok sy mau tanya kl di depok manakib ada ga kl ada tolong britahu sy no sy 08567300079 sy mau minta ijazah manakib untuk sy amal kan..sbab sy sdah sms kang aang manakib sama kang sayogo tidak bisa..m

  100. 21 November 2013 at 10:07 am

    assalamualaikum wr.wb
    salam ta’zim ustaz dan seludur smua.. saya pengamal jauharul maani dari semarang, jika ada yang tahu jama’ah pengajian jauharul ma’ani di semarng, mohon saya di kabari
    mail: gent.jv@gmail.com
    terima kasih.. sebelumnya

  101. noor faizin said,

    28 November 2013 at 10:12 pm

    sangat beruntung bagi orang2 yg mengamalkan kitab jawahirul ma’any……………

  102. abdullatif said,

    3 Desember 2013 at 11:20 pm

    assalam.sangsung aja.kami mau minta ijazah manakib jawahirul ma’ani

  103. assyathiry said,

    25 Desember 2013 at 7:44 pm

    assalamualaikum. di ciawi juga ada cabang nya, dan ditempat pondok pesantren yang saya hinggapi skarang di Kedung Halang Bogor,,
    untuk info alamat nya bisahub. saya di 085694541211..
    sukron kasir..
    wassalamualaikum.

  104. ziadah said,

    2 Januari 2014 at 10:43 pm

    Assalamu’alaikum

    INFO:
    HAUL AKBAR MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANY
    DAN IJAZAH MASSAL KITAB JAWAHIRUL MA’ANY, JAWAHIRUS TSANIYAH, THORIKOTUL ‘AGHNIYA DAN LAINNYA.

    Hari & Tgl: Malam Jum’at, 20 Februari 2014
    Tempat : Ponpes Darussalam Tegalrejo – Jatim

    Bagi semua pengamal manaqib di harapkan hadir dan yang mau ikut gabung dengan rombongan dari Indramayu bisa menghubungi :
    H. Muh. Syafi’i Suwaryo (085323444987) atau
    Ust. Darda (089687901442)

    Wassalamu’alaikum..

    • kangfoedz asseprih said,

      10 Februari 2014 at 11:43 pm

      mohon infonya untuk kota batang ada ngak rombonganya..
      trmksh sblmya…
      pengalaman yata saya mengamalkan manaqip jawahirul ma’ani hingga sekarang sungguh luar biasa,kira kira 7 thn sudah saya amalkan tanpa terasa,cuman di kota batang saya belum menemukan jam’iyah manaqip jawahirul ma’ani sampai sekarang.mohon info bagi area batang ke 081 91 41 72 333 saya tunggu terima kasih

  105. choirudin said,

    8 Januari 2014 at 10:03 pm

    saya choirudin dari trenggalek &dulu saya sudah penah mendptkan Ijazah. &aurat”kitab saya juga masih ada &saya ingin mengamalkanya lagi.. Tolong bimbingan do’anya dari jarak jauh untk saya pribadi.

  106. Ismail said,

    17 Januari 2014 at 1:55 pm

    Alkhamdulillaahirobbil ‘aalamiin.
    Saya “Ismail” dari Purwokerto Kab. Banyumas.

    Jama’ah manaqib ijazah dari Romo Kiai H. Ahmad Yunani (Sirau-Kemranjen-Banyumas)

  107. kusma said,

    25 Januari 2014 at 4:38 am

    aSSALAMUALAIKUM pARA pENGAMAL kITAB mANAQIB . kUSMA tUBAN

  108. kangfoedz asseprih said,

    10 Februari 2014 at 11:54 pm

    mohon infonya untuk kota batang ada ngak rombonganya..
    trmksh sblmya…
    pengalaman yata saya mengamalkan manaqip jawahirul ma’ani hingga sekarang sungguh luar biasa,kira kira 7 thn sudah saya amalkan tanpa terasa,cuman di kota batang saya belum menemukan jam’iyah manaqip jawahirul ma’ani sampai sekarang.mohon info bagi area batang ke 081 91 41 72 333 saya tunggu terima kasih

  109. Muhlisin said,

    3 Maret 2014 at 4:31 pm

    untuk saudara-saudara yang ingin sama-sama mengamalkan kitab Manakib Jawahirul Ma’ani di daerah Lampung dan Sumatera Selatan dapat menghubungi kami dengan Sdr. Muhlisin di 085273660475

  110. yogi said,

    3 Maret 2014 at 6:56 pm

    mohon infonya,untuk mendapatkan ijazah didaerah tangerang/banten dimana ya?terima kasih

  111. Syamsul f said,

    7 Maret 2014 at 9:45 am

    saya daerah brebes jateng untuk beli kitab jauhirul maani dimana?

  112. saprudin said,

    14 Maret 2014 at 9:09 am

    ass,alhmdllh ketemu dgn jamiyah manaqib.mo tny ustad untuk cabang pulau batam ada g yah?sy dapat ijazah jawahirul maani dan jawahirull sani thn 94 dari kyai khumaidi bin sholeh.untuk jawahirul sani kitab sy hilang.mhn bantuanny untuk membeliny lg dmn?

  113. 13 April 2014 at 10:24 pm

    assalamualaikum,, kl dari malang ke podok naik apa danturun dimana ya?mohon bimbingannya suwun

  114. ainur rofiq kendal said,

    18 April 2014 at 10:20 pm

    Saya punya kitab Manakib Jawahirul ma’any saya ada di jakarta Timur Alhamdulillah .. saya bisa menemukan ini riwayat… Nomor telpon saya 08128403674.. Saya dulu pernah jadi sntri satu tahun karna ikut khatam Ihya’ ulumudin. Ainur rofiq Kendal. Dulu bagian Adzan 5 waktu.

  115. Sukarto, S.Pd. said,

    19 April 2014 at 12:44 pm

    Saya sangat tertarik dengan membaca Manaqib Jawahirul Ma’any. Saya juga sudah mengamalkan setiap hari. Saya ingin tahu deh alamat jamaah Manaqib Jawahirul Ma’any di Kabupaten Pati. Kalau ada tolong hubungi ke No. Hp saya 085225019750. Terima kasih

  116. arif said,

    10 Juni 2014 at 10:22 am

    aq jgak pengikut manaqib jawahirul ma’ani

  117. Gunawan said,

    13 Agustus 2014 at 1:11 pm

    Assamu’alaikum ustadz, saya di semarang. Dimana saya bisa ikut dan mendapatkan ijazah manaqib jawahirul maani? Syukron khoira


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: